• Admin

Siaran Press: Penutupan Jakarta Content Week 2020


Jakarta Content Week 2020 Diikuti Partisipan dari 41 Negara Berlanjutnya Kolaborasi di Tingkat Internasional Bagi Para Pemilik Konten




Berakhirnya Jakarta Content Week 2020 yang berlangsung dari 11 November hingga 15 November 2020 mencatat berhasil membuka pintu kolaborasi bagi para pelaku konten terutama start up digital ke pasar internasional. Melalui sejumlah program matchmaking yang mempertemukan para pelaku industri, salah satunya adalah acara “Litbeat - Translate! From German! Introduction to a new Forum for translators” dan “Startitup! Networking and insights for startups from Asia Pacific and Germany: More networking and opportunities on the way”, Kementerian Luar Negeri Jerman memberikan dukungan bagi terselenggaranya program-program lanjutan setelah acara Jaktent bagi para pelaku Start Up Digital Indonesia untuk menjalin kolaborasi dengan negara Jerman, dan program-program penerjemahan karya-karya sastra kedua negara bagi para penerbit Indonesia.


Berkelanjutannya program ini merupakan salah satu pencapaian target yang diharapkan Yayasan 17000 Pulau Imaji dan Frankfurt Book Fair dalam berkolaborasi menyelenggarakan Jakarta Content Week. “Festival ini memang kami harapkan sebagai awal terbukanya kesempatan bagi para pelaku industri kreatif dan konten-konten IP untuk berjejaring dan mengembangkan bisnisnya. Dengan dukungan dari FBF dan Kementerian Luar Negeri Jerman serta Goethe Institut, harapan ini bisa kami wujudkan. Untuk itu kami sangat bersemangat untuk menyiapkan jejaring yang lebih luas di Jaktent tahun depan,” ujar Laura Bangun Prinsloo, Ketua Yayasan 17000 Pulau Imaji.


“Jaktent 2020 pertama adalah acara yang luar biasa, dan kami sangat senang bahwa kami dapat melaksanakannya meskipun ada banyak rintangan di tahun yang sulit ini. Programnya luar biasa dan sangat beragam – dan kami menerima umpan balik yang sangat baik. Saya menantikan Jaktent 2021, ketika kami berharap dapat mengadakan lebih banyak pertemuan dan sesi fisik. Tapi, itu benar: Kami melakukan bagian kami untuk membawa dunia lebih dekat! Terima kasih para sponsor karena telah memungkinkan acara ini berlangsung,” ujar Claudia Kaiser, Vice President Frankfurt Book Fair.


Selama lima hari berlangsungnya acara, Jaktent mencatat jumlah 3933 pendaftar (registrant), 16.677 pengunjung (viewers) di website www.jaktent.com yang menyaksikan 326 narasumber dari 41 negara yang hadir di 144 acara, dan 78 exhibitors yang terlibat di sesi The Market, tiga investor dan 25 perusahaan di The Market Go-Invest. Adapun 41 negara tersebut di antaranya dari Malaysia, Singapura, Australia, Selandia Baru, Niue, China, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Swedia, Swiss, hingga Kenya dan Maroko.


Dalam penyelenggaran acara, Jaktent berhasil mengundang empat bintang tamu internasional yaitu travel vlogger Nuseir ‘Nas Daily’ Yassin, video content producer Joe Sabia, penulis bestseller dunia Sophie Kinsella, dan jurnalis dan penulis buku laris “The Uninhabitable Earth” David Wallace-Wells. Keempat bintang internasional ini melengkapi deretan narasumber-narasumber pakar yang mengisi tujuh segmen acara Jaktent yaitu LitBeat, LitFest, LitFilm, LitBite, LitTrade, The Market, dan Cosplay Championship. Ketujuh acara itu dilangsungkan dari studio yang bertempat di Smesco Indonesia di mana desain rancangan studio diciptakan oleh arsitek Trianzani Sulshi dari Studio Aliri. Selain tujuh segmen acara Jaktent, hari terakhir diselenggarakan The NextDev Summit by Telkomsel sebagai salah satu sponsor utama Jaktent 2020.


Dengan berhasilnya penyelenggaraan Jakarta Content Week 2020 ini, Yayasan 17000 Pulau Imaji dan Frankfurt Book Fair telah mempersiapkan rangkaian program lanjutan sepanjang tahun hingga terselenggaranya Jaktent kedua di tahun depan yang telah direncanakan berlangsung pada 10-14 November 2021. Rangkaian program tersebut di antaranya kurasi dan pendampingan bagi para pelaku startup digital Indonesia oleh para pakar start up dari negara Jerman, pemutaran film-film Jerman, donasi buku bagi daerah-daerah di pelosok tanah air, kerja sama penerjemahan karya-karya Indonesia ke bahasa lain, hingga kesempatan interaksi lebih lanjut antara pelaku usaha kecil dan menengah di bidang konten dengan para investor yang sudah dimulai dalam program The Market.


Melihat antusiasme pengunjung Jaktent 2020, maka panitia membuka akses untuk menonton ulang seluruh acara Jaktent di website www.jaktent.com dari 16-17 November 2020. Setelah itu, dari 18 November-31 Januari 2021, bagi mereka yang ingin menyaksikan Jaktent, bisa melakukannya dengan membeli tiket seharga Rp150.000.


Melalui program-program lanjutan Jaktent inilah, Yayasan 17000 Pulau Imaji dan Frankfurt Book Fair mengharapkan dan mengundang para pelaku industri kreatif, pemilik konten, dan usaha kecil dan menengah untuk memanfaatkan jejaring di tingkat internasional yang telah disediakan Jaktent. Sampai bertemu di Jaktent 2021 pada 10-14 November 2021!


Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi media relation Jaktent:

Widya Nurul Fauziah (0857-7371-6987) dan Dita Kurnia (0812-9817-7567)

Email: media@jaktent.com



Tentang Penyelenggara Jakarta Content Week:


Frankfurter Buchmesse

Adalah pasar terbesar dunia untuk penerbitan internasional dan industri kreatif. FBF dianggap sebagai acara paling penting di dunia untuk transaksi internasional dan perdagangan untuk buku dan konten dari semua jenis


Yayasan 17000 Pulau Imaji

Adalahorganisasi nirlaba yang bekerja untuk meningkatkan kualitas literasi dan konten kreatif di Indonesia, menginisiasi dan mengorganisir berbagai program edukatif dan inspiratif yang menodorong tercipatnya ekosistem literasi berkesinambungan, mengupayakan produk literasi bermutu, mempermudah masyarakat mengakses bacaan beragam, serta meningkatkan peran literasi Indonesia dalam perkembangan isu dunia, dengan berkolaborasi bersama pelaku perbukuan, pemerintah, korporasi swasta, serta komunitas masyarakat.


2 views
Subscribe to Our Newsletter

© 2020 17000 Pulau Imaji

Jl. Pulo Nangka Tengah No. 29,
Pulo Gadung Jakarta Timur 13260, Indonesia

+62 42886726

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram