• Yani Kurniawan

Review: Titik Nol (Agustinus Wibowo)


"Perjalanan adalah belajar melihat dunia luar, juga belajar untuk melihat ke dalam diri. Pulang memang adalah jalan yang harus dijalani semua pejalan. Dari Titik Nol kita berangkat, kepada Titik Nol kita kembali. Tiada kisah cinta yang tak berbubuh noktah, tiada pesta yang tanpa bubar, tiada pertemuan yang tanpa perpisahan, tiada perjalanan yang tanpa pulang.

Perjalanan, oh, perjalanan… Siapa yang benar-benar tahu ke mana kaki ini akan melangkah?

Inilah Safarnama. Inilah perjalanan. Inilah hidup"

Resensi oleh: Yani Kurniawan

Titik Nol, buku ketiga Agustinus Wibowo, membawa pembacanya ikut serta berkelana. Melekat pada perjalanan Ming, nama kecil Agustinus, untuk mengejar mimpi-mimpinya. Dari Beijing, Tibet, Nepal, Pakistan dan Afganistan. Halaman demi halaman mengajak saya untuk berbagi momen-momen penting perjalanan Ming. Dari perjalanan berpuluh-puluh jam, menggunakan kereta dan bus, dengan kaki yang terpaksa ditekuk karena tak ada ruang untuk bergerak di dalamnya. Juga saat mendebarkan saat Ming hanyut disebuah sungai, dan harus diselamatkan seorang penggembala. Tanpa sadar saya mengusap lengan, seakan ikut menghangatkan diri, menjilat bibir seakan-akan bibir saya juga ikut kering.

Agustinus Wibowo adalah pencerita yang ulung - narasinya mengalir dengan lancar, walaupun kadang butuh waktu untuk mencerna lebih dalam. Di bebeberapa titik, kita seperti diajak berteleportasi saat Ming bersama Ibunya, dan sekejap kemudian berpindah lagi ke perjalanan Ming yang lain.

Titik Nol adalah catatan perjalanan yang lengkap. Mengaduk emosi, mendebarkan tapi juga mencerahkan.

Plus: Bacaan yang sangat direkomendasikan. Bahkan untuk pembaca yang mungkin kurang menyukai travelling. Siapa tahu buku ini bisa meyakinkan anda untuk memulainya.


Minus: Ada beberapa bagian, tidak banyak, yang terasa melompat terlalu jauh. Tapi ini mungkin karena di buku ini Agustinus seperti bercerita pada seorang kawan, dan kadang saat kita bercerita, ada hal spontan yang tiba-tiba teringat dan langsung diceritakan saat itu juga.

#sedangbacabukuapa

20 views
Subscribe to Our Newsletter

© 2020 17000 Pulau Imaji

Jl. Pulo Nangka Tengah No. 29,
Pulo Gadung Jakarta Timur 13260, Indonesia

+62 42886726

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram