• Yani Kurniawan

Resensi: Taman Bermain dalam Lemari (Sofie Dewayani & EorG)

Updated: Jul 31

Oleh Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie.


Karena habis menyebut daster, ini satu hal yang identik dengannya: Batik! Ketika masih duduk di bangku SD, pelajaran kesenian sering kali mengajak kami menggambar batik, tapi hanya motif kawung yang kami buat—tanpa konteks, tanpa nama, tanpa pengetahuan bahwa kami baru mengenal satu titik dari lukisan raksasa yang adalah kekayaan motif batik di Indonesia. Taman Bermain dalam Lemari membuka kesempatan untuk terpesona pada indahnya ragam batik yang kita miliki.

Meskipun tidak setuju dengan kalimat “membatik itu kelihatannya membosankan” (karena batik tulis selalu kelihatan sangat menarik!), ilustrasi-ilustrasi dalam buku ini sepertinya sudah cukup untuk menegasi pernyataan tersebut. Motif-motif yang biasanya hanya dilihat di pakaian formal yang kelihatannya intimidatif (karena dipakai orang dewasa dan di acara orang dewasa), dihadirkan sebagai ruang bermain yang bukan hanya bisa dinikmati, namun juga dikagumi. Bukan hanya warna cokelat yang biasa terlihat, tapi juga aneka warna cerah; bukan hanya si sepuh kawung, tapi beragam bentuk alam. Birunya awan mendung, manisnya variasi kembang di atas warna hijau lemon, hingga megahnya sosok burung cendrawasih emas dan merah di tengah gelapnya warna hitam—masing-masing dikemas dengan jenaka di buku ini!

Sofie Dewayani menerbitkan karya-karya lain dengan tema yang agak gelap bersama Yayasan Litara—misalnya, Srinti yang mengisahkan dampak bencana alam—dan masing-masing mempunyai nilai penting untuk diserap. Namun menyingkirkan kesan bahwa batik adalah milik pejabat adalah hal yang, buat saya, sangat krusial untuk segera dikerjakan.



Kakak masih saja membatik.
Aku bosan.
Aku ingin bermain di taman.
Namun, kakak melarang.
Ada apa di balik pintu ini?
Wow!
Trampolin!
Aku suka pantai!
Tunggu aku kupu-kupu
Inikah tempat tinggalmu?

#sedangbacaapa



0 views
Subscribe to Our Newsletter

© 2020 17000 Pulau Imaji

Jl. Pulo Nangka Tengah No. 29,
Pulo Gadung Jakarta Timur 13260, Indonesia

+62 42886726

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram