• Admin

Mengayuh Ombak Bersama Teman

Updated: Jan 4


Oleh Dewi Ria Utari


Sepanjang tahun 2020 ini, mungkin banyak orang menggunakan metafora laut yang penuh badai dan gelombang. Suatu pengungkapan yang wajar karena dengan pandemi Covid-19 yang menghantam umat manusia, hidup menjadi terasa seperti perjuangan mengarungi samudra yang bergejolak. Kondisi dan situasi penuh cobaan ini tentu juga menerpa dunia tulis menulis dan penerbitan buku di Indonesia. Banyak kabar yang memberitahukan bahwa sejumlah penerbit harus mengurangi jumlah karyawannya dan bahkan mungkin yang berskala kecil tak lagi mampu mempertahankan bisnisnya. Begitu pula dengan para penulis yang terpaksa harus memikirkan ulang saat yang tepat untuk menerbitkan karya mereka.


Kondisi sulit ini juga dialami Yayasan 17000 Pulau Imaji, yang baru berdiri di awal 2020, tepat saat pandemi baru dimulai. Sejumlah kegiatan dan program yang kami rancang, terpaksa harus kami kaji ulang untuk bisa diwujudkan. Sembari menyiapkan satu program besar yang telah kami umumkan di awal tahun – Jakarta Content Week (Jaktent), yaitu sebuah festival yang diadakan Yayasan 17000 Pulau Imaji dan Frankfurt Book Fair (FBF) bagi para pelaku industri konten internasional seperti industri perfilman, perizinan hak cipta, kuliner, dan penerbitan, untuk bertemu, berbagi, berdiskusi, dan menampilkan produk dan ide mereka kepada audiens, baik profesional maupun konsumen, di sejumlah forum yang berbeda—kami juga harus tetap menyelenggarakan kegiatan-kegiatan bulanan yang bertujuan untuk menyelaraskan arah kegiatan YTPI sebagai organisasi nirlaba yang bekerja untuk meningkatkan kualitas literasi dan konten kreatif di Indonesia. Untuk itulah, kami menginisiasi dan mengorganisir berbagai program edukatif dan inspiratif yang mendorong terciptanya ekosistem literasi berkesinambungan, mengupayakan produk literasi bermutu, mempermudah masyarakat mengakses bacaan beragam, serta meningkatkan peran literasi Indonesia dalam perkembangan isu dunia, dengan berkolaborasi bersama pelaku perbukuan, pemerintah, korporasi swasta, serta komunitas masyarakat.




Di sinilah kami melihat pentingnya KOLABORASI, sebagai spirit, api semangat untuk semua pihak bisa tetap mengayuh ombak dalam situasi badai di tahun 2020. Setiap bulan, kami merancang kegiatan-kegiatan yang bersifat daring sebagai upaya menyiasati kondisi pandemi, yang melibatkan dan mengajak serta teman-teman di dunia penulisan dan penerbitan. Karena itu, hadir sejumlah acara rutin seperti rekomendasi buku dalam program “Sedang Baca Apa”, diskusi santai bersama para penulis dan pelaku perbukuan melalui platform instagram dan zoom, pameran buku, pameran ilustrasi secara daring, kelas menulis untuk anak-anak, hingga penggalangan dana untuk pengiriman buku-buku fisik ke daerah di luar Jawa.


Berkolaborasi bersama teman juga kami aplikasikan dalam penyelenggaraan Jaktent 2020 yang berlangsung pada 11-15 Desember 2020 secara daring. Kami bermitra utama dengan Frankfurt Book Fair dari sejak awal penciptaan gagasan Jaktent, dan kemudian dalam pelaksanaannya, menggandeng teman-teman yang bergerak di bidang konten, seperti Yayasan Lontar, re:ON Comics, Aku Cinta Makanan Indonesia (ACMI), Dewan Kesenian Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, dan masih banyak lagi. Di luar bidang konten, kami juga bekerja sama dengan Smesco Indonesia, Idelaju, Goethe Institut Indonesia, British Council Indonesia, Studio Aliri, FromLabs, dan teman-teman lainnya. Berkat kolaborasi inilah, kami sangat berbahagia dengan pencapaian Jaktent di tahun pertama, yang berhasil menghadirkan tujuh program, 144 sesi acara, 326 pembicara dari berbagai negara, 16,677 partisipan dan 3933 pendaftar dari 41 negara.



Tentu saja sebagai penyelenggaran pertama, seluruh kegiatan yang dirancang oleh yayasan kami masih jauh dari sempurna. Masih banyak hal-hal yang luput dari perhatian dan kemampuan kami sebagai sebuah yayasan yang belum berusia setahun. Karena itulah, untuk bisa melanjutkan pelayaran kami di tahun-tahun berikutnya, kolaborasi, kerja sama, dan kemitraan akan menjadi sumber daya utama kami untuk meningkatkan peran literasi Indonesia dalam perkembangan isu dunia.


11 views0 comments
Subscribe to Our Newsletter

© 2020 17000 Pulau Imaji

Jl. Pulo Nangka Tengah No. 29,
Pulo Gadung Jakarta Timur 13260, Indonesia

+62 42886726

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram