• Admin

Frankfurt Book Fair Pilih Jakarta Jadi Lokasi Pameran Konten Internasional

Originally published in detik.com, February 17, 2020


Frankfurt Book Fair bekerja sama dengan Yayasan Tujuhbelasribu Pulau Imaji menggagas event Intellectual Property (IP) bertaraf internasional. Event bernama Jakarta Content Con/Week bakal digelar pada November 2020.



Lebih dari 100 eksibitor bakal mengisi pameran yang bergerak di bidang penerbitan buku, games, film, kuliner hingga stakeholder lainnya. Selama satu minggu, nantinya juga digelar festival film, festival literasi, seminar maupun diskusi, pasar kuliner dan agenda industri kreatif lainnya.


Presiden Frankfurt Book Fair, Juergen Boos, menyebut Jakarta sebagai kota terpenting di Asia Tenggara.


"Kita tahu hubungan antara Indonesia dan Jerman lewat ajang Frankfurt Book Fair sudah dimulai sejak 5 tahun yang lalu saat Indonesia menjadi tamu kehormatan atau guest of honour," ujar Juergen Boos, saat jumpa pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020).


Menurut Juergen Boos, Indonesia menjadi pasar terpenting di Asia. "Jakarta di posisi Asia Tenggara masih muda, tapi kami berharap akan berpartner dengan banyak pelaku konten kreatif tak hanya penerbitan tapi juga industri kreatif lainnya," katanya.


Ketua Yayasan Tujuhbelasribu Pulau Imaji, Laura Bangun Prinsloo, mengatakan setelah bekerja sama sejak 5 tahun yang lalu, rasanya Jakarta adalah lokasi penyelenggaraan yang tepat.


"Indonesia sangat strategis. Di dekat kita ada 9 negara tetangga lainnya yang juga tak kalah bertaraf internasional. Kami sebagian teman-teman dari Komite Buku Nasional dan FBF berdiskusi sangat panjang dan akhirnya merencanakan menggelar kegiatan ini di akhir tahun," ucap Laura.


Selama ini, lebih dari 1.600 judul buku berhasil terjual di panggung dunia. Dari 3.000 penerbit di Tanah Air, hanya segelintir yang bisa menikmati besarnya pameran buku di luar negeri.


"Tentunya nggak semua punya kesempatan untuk menjual produk di London dan Frankfurt. Melalui Yayasan Tujuhbelasribu Pulau Imaji, kami ingin mengupayakan JCCW sebagai mega event dan pusat pertemuan industri konten di kawasan Asia Tenggara," pungkasnya.


Hari ini, Yayasan Tujuhbelasribu Pulau Imaji dan Frankfurt Book Fair menandatangani nota kesepakatan penyelenggaraan Jakarta International Content Con/Week pada November 2020. Rencananya, event akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta Pusat dan membutuhkan dana sebesar Rp 15 miliar.

6 views
Subscribe to Our Newsletter

© 2020 17000 Pulau Imaji

Jl. Pulo Nangka Tengah No. 29,
Pulo Gadung Jakarta Timur 13260, Indonesia

+62 42886726

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram